Jumat, 22 Januari 2016



Tak Terduga

Gue berjalan menuju ruang tes dengan perasaan gembira. Karena hari ini adalah hari terakhir ujian semester ganjil disekolahku. Didepan ruang kelas, gue mendapati sosok Vaness sudah duduk menungguku. gue berlari kecil menuju ke tempat Vaness lalu duduk disampingnya.
            “Ohayou, Vaness.”
            “Ohayou, Fiska. Eh jadi gimana surprisenya Yuki?”
            “Yaa, seperti yang gue bilang kaya kemarin. Kalo bisa kita pesen kue yang besar, kita temuin dia sama Nino, trus kita kasih dia kado yang berkesan. Dia kan ultahnya terakhir ditahun ini, kita kan juga sebentar lagi mau lulus, kita kasih yang berkesan buat dia.”
            “Tempatnya jadi di pantai kan?”
            “Kamu masih mau ke pantai? Ini udah mulai musim hujan lho, Ness.”
            “Iya juga sihh, Fis. Yaudah kalo gitu di alun-alun aja.”
            “Yadeehh, tinggal liat sikon. Hari sabtu lhoo yaaa…”
            “Fis, kayaknya Nino lagi nggak disini. Dia lagi di Yogyakarta.”
            “Iyakah?? Oh, yaudah kalo gitu. Paling dia juga nggak mau kok.”
            “Yaudah ya, Fis. Aku mau belajar dulu.”
            “Iya, Ness.”
            Mapel pertama pun selesai, tinggal mapel terakhir diujian akhir semester awal musim hujan kali ini. Saat jam istirahat, gue duduk bersama Yuki. Banyak ucapan yang dia dapatkan dihari ulang tahunnya yang ketujuh belas kali ini. Gadis berwajah oriental, berjilbab, pintar, dan unyur itu sekarang sudah bertambah dewasa. Dia termasuk yang termuda diantara gue dan Vaness. Kita sudah bersahabat sejak berseragam putih abu-abu.
            Ditengah kesibukan untuk belajar, sesekali aku memandang wajahnya. Sedikit menjahilinya agar membuatnya tersenyum kecil.
            “Eh, Yuki, liat kesini dehh.”
            “Apa, Fis?”
            “Oh iya, nambah tua.”
            “Apaan sih Fis?!!”, sambil tertawa kecil.
            “Hahaha ciyeh yang mau dapet KTP.”
            “Hehehehe…. Yuki kamu tau nggak?? Si Rezqi.”
            “Rezqi kenapa?? “
            “Jadi gini…………”
            Yuki bercerita panjang lebar tentang kedekatannya dengan mantannya itu. Terkadang dia bingung dengan perasaan dia sendiri antara harus masih mencintai Nino atau tidak, sedangkan Rezqi datang dengan perasaan yang masih menyayangi Yuki. Terlihat sekali dimata sahabatku, itu.
            *****
            Gue mengecek lembar jawabku sekali lagi. Memastikan tidak ada soal yang kulewatkan. Lalu mengumpulkan lembar jawaban kepada pengawas, meraih tas gue dan berkemas untuk pulang. Masih terlalu pagi untuk pulang secepat ini. Gue segera keluar ruangan berjalan menuju depan sekolah untuk menunggu temanku.
            Pulang sekolah ini gue berencana tidur siang dirumah. Karena gue merasa tidak enak badan sejak kemarin. Tidak lama kemudian temen gue datang dan ngajak untuk pulang.
            Sesampainya dirumah, gue ganti pakaian dan segera merebahkan badanku ditempat tidur. Gue lihat jam, ternyata masih jam 11. Akhirnya gue ketiduran.
            ******
            Terdengar suara orang dari jendela kamar
            “Fiska… Nak, bangun. Udah siang, kamu nggak sholat??”, teriak mama.
            “Heeemmmmm…..”, jawabku
            Sambil mengumpulkan nyawa, gue meraih ponsel. Terlihat dilayar ponsel 1 panggilan tidak terjawab dan 3 pesan diterima. Mata gue terbelalak. Ternyata Vaness tadi nelpon, gue semakin terkejut dengan pesan singkat Vaness.
            “Fis, lo disms Yuki nggak?? Gimana nih?”
            “Fis, bales dong.”
Gue  lihat sms Yuki. Ternyata….
            “Yuki, ntar jam 3an kerumahku yaa, wkwkwkwk.”
            “Waduhh, gimana nihh?? Gagal dong rencanaku sama Vaness”, desah gue.
            Kemudian gue balas.
            “Emang ada eg, Ki??”
            “Makan-makan, Fis. Wkwkwk”
            “Sama temen-temen yang lain?”
            “Nggak kok, Cuma kamu, Vaness sama Rika.”
            “Iya, Ki. Insaallah yaa.”
            Gue terkejut, lalu sms Vaness buat minta kepastian. Tapi nggak dibales, mungkin lagi tidur. Akhirnya sekitar jam 2an, gue sms dia lagi. Sebenernya gue ada rencana buat kerumahnya yosi. Tapi sikon nggak mendukung.
            Rencana gue gagal. Pake rencana lain tapi masih bingung kadonya apa. Setelah kami berdebat cukup panjang melalui ponsel. Kurang lebih jam 3, gue dijemput Vaness lalu otw beli kado. Di toko kado pun kita masih bingung dan berdebat. Liat-liat bajulah, milih boneka, bingung mo ngado Yuki apa. Akhirnya pilihan kita jatuh kepada hiasan meja. Yaitu kya kaca yang ada airnya yang didalemnya ada orangnya, trus kalo diputer keluar suaranya. Bagus, gue suka kok.
            Cuss gue sama Vaness otw kerumahnya Yuki. Sesampainya disana ternyata udah ada Rika yang udah ngungguin kita dari tadi. Kita berempat pun kumpul kaya dulu lagi. Seneng bisa ngobrol-ngobrol kaya dulu lagi.
            “Lho, Yuki, kamu dandan yang cantik dong. Masa kamu ultah pake baby doll sihh??”, pinta Vaness.      
            “Hah?? Emang kenapa tahh?? Aku lagi males eg, pengen make baby doll.”, terang Yuki.
            “Cepetan ganti baju trus natr kita foto-foto.”
            “Nggak, ah. Eh ini silahkan dimakan jajanannya.”
            “Iya, Yuki….”
            Waktu Yuki kedalem, gue dengan alesan baju gue gak rapih masuk kekamar Yuki buat naroh kado diem-diem, gue tutupin sama selimut. Diruang tamu Yuki, kita bercerita tentan segala hal. Selalu ada topic yang kita bicarakan. Agak ngomongin aib orang lain juga sih sebenernya. Hehehehe…
            Selang beberapa menit kita ngobrol, mamanya Yuki keluar dengan 4 piring nasi kuning dan beberapa potong kue.
            “Kalian tau nggak kenapa kalian diundang kerumahnya Yuki?? Itu lhoo Yuki ulang tahun minta dirayain katanya.”, ejek mama Yuki.
            “Ihh, apaan sihh maahh.. ihh nggak eg..”, jelas Yuki.
            “Tuhh silahkan dimakan nasinya.”
            “Iya, tante…”, jawab kita dengan senyuman kecil.
            Masih dengan topic yang sama, kita lanjut ngerumpi tentang suatu hal yang gak bisa gue certain disini. Lalu kita makan nasi kuning, minum, dan masih mengobrol. Kita janjian untuk hari sabtu kita akan pergi ke Jepara. Sekadar untuk refreshing dan hunting.
            Setelah kita makan, kita lanjut ngemil kue dan ngemil macaroni. Tak lupa untuk melanjutkan ngobrol. Selama kurang lebih satu setengah jam-an, kita memutuskan untuk pulang. Kita janjian hari sabtu buat jalan-jalan.
            Tapi sebelum pulang, Vaness mo beli sepatu dulu. Yaudah beli, nyampe rumah agak sore.
            Akhirnya nggak terasa sahabat gue udah tujuh belas tahun. Gadis berwajah lonjong, putih, smart, bersahabat, dan unyur itu sebentar lagi dapet KTP. Semoga tambah yang baik-baik ajadeh buat Yuki. J
            ****
            Beberapa hari kemudian, ada suatu hal yang mengejutkan. Hari rabu libur karena ada pilkada serentak. Yuki maen kerumah gue buat liat chat2an gue sama Nino. Iya, gue tanpa rasa gengsi minta penjelasan dari Nino. Keren banget jawaban dari Nino. Yaudalah lupain ajalah. Setelah kita ngobrol bentar dirumah gue, gue ngajak Yuki pergi kerumah Vaness.
Kita otw kerumah Vaness.
            Sampe disana, ada berita yang mengejutkan lagi. Choky, gebetannya Vaness ngajak ketemuan. Sontak gue sama Yuki teriak gajelas. Seneng banget denger kabar itu. Akhirnya, rencana hari sabtu diubah. Vanes ketemuan sama Chocky, sementara gue, Yuki, dan Rika mantau dari jauh.
            Dirumah  Vaness kita buka-bukaan tentang soal percintaan kita. Yahh namanya juga cewek. Tapi, hari kamisnya rencana semua itu gagal. Vanes pengen ketemuan sendirian dan kita ngebatalin rencana yang udah kita rencanain jauh-jauh hari itu.
            Ada satu adegan yang gue lupain. Kalo gak salah hari Selasa. Kan hari Senin, Yuki ultah tuh, hari selasa itu disekolah gue agak free. Gue pulang sama Vaness, pas mo ke parkiran, lewat kantin ketemu sama Yuki yang lagi lunch together with David. Gue sama Vaness kaget, curiga kalo mereka udah jadian. Tapi gue bilang nggak.
            Nyampe parkiran ketemu motornya Yuki. Gue lihat sampah, ada ide buat ngerjain Yuki dengan buat variasi dimotornya. Pertama ggue ngambil plastic, gue iket distang motornya, gue ambil kertas semen sama batu bata gue taroh dijoknya, gue ambil plastic makanan gue iket distang yang satunya, plastic makanan gue taroh diglodok motornya. Trus pas mo balik, gue liat pohon kresem, gue petik batangnya yang agak besar gue taroh disela-sela stangnya, kanan kiri ada pohonnya gitu. Trus pas gue balik, gue pelukan sama tiang parkiran. Yoi, bener banget. Gue nabrak tiang parkiran, kepala samping gue natap sampe bunyi JEDDUGG… Posisi gue meluk tiang parkiran. Sakit men! Sontak gue langsung jongkok dan meringis kesakitan sendiri. Untung adek kelas kagak lihat gue tadi. Yang tau Cuma gue sama Allah semata.
            Kayaknya itu karma deh gara-gara gue udah jahilin motornya Yuki.
Sekian dan terimakasih… J
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar